Merode Riset
Analisis Jurnal 3
Tema
: Pemasaran Penjualan dan Pasar
Judul Jurnal
:
Analisa Penelitian Penjualan Dan Pasar
Penulis Jurnal
: Siringgoringgo,
Hotniar
Tanggal
: 03 May 2012
Motivasi
:
Agaaar dapat
meningkatkan Penjualan dan Pasar.
Masalah
:
Percobaan jarang digunakan dalam penelitian
penjualan dan pasar Percobaan
jarang digunakan dalam penelitian penjualan dan pasar
Metode
Penelitian :
Penelitian penjualan dan pasar sebagian
menggunakan data sekunder dan sebagian lagi menggunakan data primer dan pada
umumnya merupakan data eksternal. Sumber data eksternal bisa dari Biro pusat
Statistik (BPS), Departemen Perindustrian dan Perdagangan (Deperindag) atau
dari konsumen. Data dari BPS dan Deperindag merupakan data sekunder. Data yang
diperoleh dari konsumen merupakan data primer. Instrumen penelitian yang
digunakan untuk mengumpulkan data dari konsumen adalah daftar pertanyaan
Pembahasan
:
Daftar pertanyaan yang dibentuk harus diuji
validitas dan reliabilitasnya. Validitas daftar pertanyaan berhubungan dengan
isi atau hal yang harus ditanyakan; dengan demikian penentuan item-item yang
akan ditanyakan harus diperhatikan. Reliabilitas berhubungan dengan konsistensi
jawaban yang diperoleh dari responden. Validitas yang tidak baik menyebabkan
kesalahan sistematis dan acak yang besar, sedangkan reliabilitas yang tidak
baik menyebabkan kesalahan acak yang besar. Penyebab utama kesalahan penelitian
penjualan dan pasar adalah kesalahan pengukuran. Kesalahan pengukuran pada
penelitian penjualan dan pasar bisa lebih besar dibandingkan kesalahan yang
disebabkan oleh sampling. Percobaan jarang digunakan dalam penelitian penjualan
dan pasar. Beberapa penelitian penjualan dan pasar yang mungkin menggunakan
teknik percobaan dalam pengumpulan datanya adalah uji pasar, studi saluran
distribusi dan prediksi penjualan
Kesimpulan
:
Kesalahan sistematis dan acak yang besar,
sedangkan reliabilitas yang tidak baik menyebabkan kesalahan acak yang besar.
Penyebab utama kesalahan penelitian penjualan dan pasar adalah kesalahan
pengukuran. Kesalahan pengukuran pada penelitian penjualan dan pasar bisa lebih
besar dibandingkan kesalahan yang disebabkan oleh sampling
Saran
:
Agar lebih
memperhatikan sumber – sumber yang terdapat pada penjualan pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar