Metode Riset
Analisis Jurnal 2
Tema
: Pemasaran Meningkatkan Penjualan
Judul Jurnal
:
Analisis
Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Kendaraan Motor pada CV
Turangga Mas Motor
Penulis Jurnal
: Ahmad Munandi, Fandi
Tanggal
: 23 May 2012
Motivasi
:
Meningkatan
penjualan yang terjadi di CV Turangga Mas Motor, dengan cara meningkatkan
kualitas mutu pelayanan dengan membangun gudang tempat penyimpanan motor-motor
suzuki yang siap jual.
Masalah
:
CV Turangga Mas
Motor terjadi penurunan tingkat penjualan.
Metode
Penelitian :
Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Matrik BCG dan analisis SWOT yang
digunakan untuk meningkatkan penjualan produk.
Pembahasan
:
Matrik
BCG dilakukan berdasarkan laporan penjualan CV Turangga Mas Motor tahun
2007-2008 yang dibandingkan dengan laporan penjualan pesaing, yaitu PT Bajaj
Andalan Sakti untuk mengetahui tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar.
Analisis SWOT dilakukan dengan menganalisis yang menjadi kekuatan, kelemahan,
peluang dan ancaman CV Turangga Mas Motor dibandingkan PT Bajaj Andalan Sakti.
Hasil penelitian dari analisis matrik BCG diketahui tingkat pertumbuhan pasar CV
Turangga Mas Motor sebesar 21% dan pangsa pasarnya sebesar 1.60, sehingga
berada dalam kuadran stars, strategi pemasaran yang dapat digunakan adalah
dengan melakukan investasi dengan membuka cabang CV Turangga Mas Motor di
lokasi lain dan melaksanakan upaya meminimalkan biaya dan operasi yang tidak
efisien agar tetap mempunyai cash flow yang kuat. Dari analisis SWOT diketahui
strategi SO yang dapat digunakan adalah membuka lokasi baru, dan memberikan
potongan penjualan yang lebih besar jika konsumen melakukan pembelian ulang.
Strategi WO yang dapat digunakan adalah dengan memberikan bonus secara intensif
kepada pegawai untuk menambah motivasi pegawai dan menambah tenaga
pemasaran.
Kesimpulan
:
Peenurunan
penjualan CV Turangga Mas Motor menurunkan penjualan produk yang ada di CV
tersebut, oleh dari itu CV Turangga Mas Motor harus mempunyai Strategi
penjualan agar dapat meningkatkan penjualan CV Turangga Mas Motor
Saran
:
CV Turangga Mas
Motor harus mengubah Strategi penjualan agar tidak terjadi penurunan tingkat
penjualan produk yang dimiliki.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar