NPM : 19210707
KELAS : 3EA18
METODE ILMIAH
PENENTUAN TEMA:
Tema yang diambil dalam penelitian ini yaitu tentang"KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP WISATA AGRO"
PENENTUAN JUDUL :
Judul yang diambil adalah mengenai tentang “ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG DAN PENGEMBANGAN FASILITAS WISATA AGRO"
LATAR BELAKANG
Wisata agro merupakan
salah satu jenis wisata yang memanfaatkan usaha pertanian (agro) sebagai objek
wisata dan mmemadukan antaara kegiatan pertanian dan kegiatan wisata. Wisata
aagro bukan semata merupakan usaha yang menjual jasa bagi pemenuhan kebuhan
konsumen akan pemandangan yang sangat indah dan udara yang sangat segar, namun
juga dapat berperan sebagai media promosi produk pertanian, menjadi media
pendidikan bagi masyarakat. Hal ini memberikan sinyal bagi peluang pengembangan
diversifikaasi produk agribisnis yang berarti pula dapat menjadi kawasan
pertumbuhan baru wilayah.
Preferensi dan
motivasi wisatawan yang berkembang secara dinamis serta kecenderungan wisatawan
untuk kembali ke alam menyebabkan pengembangan daya tarik wisata yang
berbasiskan alam menjadi potenssial di kawasan Kabupaten Bogor, merupakan salah
satu wilayah yang memilki potensi yang cukup besar dalam pengembangan wisata
agro.
Kebun wisata
Pasirmukti merupakan salah satu objek wisata agro yang memiliki fasilitas
edukatif khususnya di bidang pertanian, antara lain membajak sawah, mananam
padi, memetik buah sendiri, menanam sayuran, dan memancing ikan. Fasilitas
wisata ini ditawarkan dalam bentuk paket berbagai pilihan. Target pasar utama
pihal Manajemen Pasirmukti adalah para pelajar khususnya siswa SD dan SLTp. Hal
ini sesuai dengan misi utama Kebun Wisata Pasirmukti yakni mengenalkan dunia
pertanian sejak dini kepada generasi muda. Oleh karena itu,
faasilitas-fasilitas yang didirikan dan kegiatan-kegiatan yang ditawarkan
selain memiliki fasilitass penunjang wisata seperti restoran, penginapan,
sarana peribadatan, hotel, area kemping, kolam renang dan kolam ikan juga
memilki fasilitas pendidikan pertanian di dalamnya.
Sebagai salah satu
objek wisata agro yang belum lama dikenal oleh umum, Kebun Wisata Pasirmukti
dihadapkan pada tantangan untuk dapat menarik hati wisatawan agar mau
berkunjung. Hal ini penting dilakukan karena sebagai salah satu usaha yang
bergerak di bidang jasa, pengunjung merupakan tolak ukur yang paling penting
dalan keberlangsungan usahanya.
Rumusan
Masalah
Masalah yang
akan dibahas dalam penulisan ilmiah ini adalah bagaimana metode atau cara yang
tepat dalam menentukan kepuasan konsumen terhadap wisata agro dengan pendekatan non-probability
sampling melalui metode convenience sampling.
Tujuan Penelitian
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pengunjung terhadap performance Kebun Wisata Pasirmukti.
Tujuan Penelitian
Ternyata metodologi dan metode riset memiliki manfaat dalam kehidupan sehari - hari kita. Seperti ketika kita ingin membeli suatu produk atau barang , tentu kita melihat terlebih dahulu mitivasi kita membeli , tujuan kita membeli barang tsb dan membandingan produk merk A dengan merk B.
Hipotesis
Berdasarkan latar
belakang masalah rumusan masalah dan kerangka
pikir yang telah dikemukakan di atas,
maka penulis merumuskan sebuah hipotesis
penelitian sebagai berikut :
Diduga pihak bank melakukan perubahan
pendekatan pemeriksaan dari yang mengedepankan Compliance Base menjadi
Risk Base.
Ho = 0, tidak ada pengaruh secara
signifikan dari kesehatan bank dengan menggunakan metode convenience sampling.
Ha ≠ 0, ada pengaruh secara
signifikan dari kesehatan bank dengan menggunakan metode convenience sampling.
Analisis data
Penelitian ini
menggunakan empat analisis. Analisis deskriptif digunakan untuk menjelaskan
proses pengambilan keputusan kunjungan konsumen ke Kebun Wisata Pasirmukti.
Importance-Peerformance Analysis digunakan untuk memetakan hubungan antara
kepentingan dengan kinerja dari masing-masing atribut tersebut. Customer
Satifaction Index digunakan untuk menganalisis kepuasan responden secara
keseluruhan. Sedangkan uji Friedman dan Multiple Ccomparison digunakan untuk
menentukan urutan prioritassss fasilitas tambahan yang perlu ddibangun.
Kesimpulan
Wisata agro merupakan
salah satu jenis wisata yang memanfaatkan usaha pertanian (agro) sebagai objek
wisata dan mmemadukan antaara kegiatan pertanian dan kegiatan wisata. Wisata
aagro bukan semata merupakan usaha yang menjual jasa bagi pemenuhan kebuhan
konsumen akan pemandangan yang sangat indah dan udara yang sangat segar, namun
juga dapat berperan sebagai media promosi produk pertanian, menjadi media
pendidikan bagi masyarakat. Hal ini memberikan sinyal bagi peluang pengembangan
diversifikaasi produk agribisnis yang berarti pula dapat menjadi kawasan
pertumbuhan baru wilayah.
Preferensi dan
motivasi wisatawan yang berkembang secara dinamis serta kecenderungan wisatawan
untuk kembali ke alam menyebabkan pengembangan daya tarik wisata yang
berbasiskan alam menjadi potenssial di kawasan Kabupaten Bogor, merupakan salah
satu wilayah yang memilki potensi yang cukup besar dalam pengembangan wisata
agro.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar